Mengenal Lebih Jauh Tentang Fintech dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari - Hari


Tahukah Anda apa itu fintech? Fintech merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada inovasi keuangan dan teknologi. Fintech biasanya mengacu pada perusahaan atau layanan yang menggunakan teknologi untuk menyediakan layanan keuangan dalam bisnisnya.

Fintech banyak digunakan dalam perkembangan teknologi terbaru mulai dari aplikasi pembayaran seperti PayPal (PYPL), Get Report atau Venmo dan cryptocurrency. Fintech juga membantu sebagian besar perusahaan baru dengan menyediakan layanan keuangan yang lebih baik untuk bisnis maupun individu.

Apa itu Fintech?
Fintech adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi keuangan. Fintech juga diartikan sebagai sebuah industri yang mencakup segala jenis teknologi dalam layanan keuangan. Fintech menjelaskan setiap perusahaan yang menyediakan layanan keuangan melalui aplikasi atau teknologi lainnya.

Lebih dari itu, fintech menjelaskan cakupan apa saja dari aplikasi pembayaran seluler hingga Cryptocurrency. Secara umum fintech menggambarkan perusahaan apa pun yang menggunakan internet, teknologi aplikasi, dan cloud untuk terhubung atau melakukan layanan keuangan.

Banyak produk fintech dirancang untuk menghubungkan teknologi dengan keuangan konsumen. Tujuannya jelas untuk memudahkan kehidupan konsumen.


Contoh Fintech dalam Kehidupan Sehari-Hari

1.  Crowdfunding
Perusahaan seperti Kickstarter, Patreon dan GoFundMe menggambarkan kisaran fintech di luar perbankan tradisional. Crowdfunding memungkinkan individu atau perusahaan mengumpulkan dana dari berbagai sumber di tempat yang sama. Lebih dari itu, Crowdfunding juga memungkinkan penggunanya untuk menerima atau mengirim uang dari orang lain.
Daripada harus ke bank untuk meminjam, Anda dapat langsung menghubungi investor agar mendukung proyek atau perusahaan Anda. Pendanaan aplikasi Crowdfunding berasal dari keluarga, teman, penggemar dan pelindung. Namun meski demikian jumlah platform crowdfunding telah berlipat ganda selama bertahun-tahun.

2.  Blockchain dan Cryptocurrency
Blockchain dan Cryptocurrency adalah contoh umum dari fintech OJK dalam hal aksi. Pertukaran Cryptocurrency seperti Coinbase dan Gemini memungkinkan pengguna untuk membeli atau menjual cryptocurrency seperti bitcoin atau litecoin.

Sementara itu layanan Blockchain seperti BlockVerify dapat membantu mengurangi penipuan. Cara kerjanya yaitu dengan menyimpan sumber data di blockchain. Perlu diketahui bahwa Cryptocurrency dan Blockchain merupakan penggunaan fintech yang agak controversial. Namun meski begitu keduanya jelas telah mengambil bagian dari dunia investasi dalam beberapa tahun terakhir.

3.  Insurtech
Fintech bahkan telah cukup mengacaukan industri asuransi. Insurtech merupakan contoh fintech yang mencakup segala asuransi. Mulai dari asuransi mobil, asuransi rumah dan bahkan asuransi perlindungan data.

Terlebih lagi pendanaan startup insurtech semakin menarik. Pada bulan Maret tahun lalu startup asuransi Oscar Health mendapatkan dana sekitar $ 165 juta dengan penilaian $ 3,2 miliar.

Di atas sudah dijelaskan apa itu fintech dan apa saja contohnya. Fintech menyebabkan ledakan aplikasi investasi dan tabungan dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa contoh fintech menerapkan pendekatan ke konsumen dengan cara berbeda. Namun sejatinya masing-masing menggunakan kombinasi tabungan dan investasi dolar kecil yang mudah untuk diperkenalkan ke konsumen.